HARI KELUARGA NASIONAL (HARGANANS ) PEMERINTAH BERIKAN PELAYANNAN KB GERATIS UNTUK MASYARAKAT

Gangga:— Keluarga merupakan bagian terpenting dalam pembentukan karakter suatu bangsa. Karenanya, tanggal 29 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Keluarga Nasional (Harganas).

Menyambut momentum baik tersebut, Pemerintah Daerah Lombok Utara melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP2KBPMD) bersama Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) serta Puskesmas Gangga dan  Pengurus Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Gangga dan ( TP PKK ) Desa menggelar program pelayanan KB gratis bertempat di halaman Polindes Rempek 2 Gelumpang Sayar Desa Rempek Kecamatan Gangga, Kamis (24/06/2021).

Rudi Artanto Kepala Desa Rempek  yang hadir pada kesempatan itu menyebutkan, tingkat kesadaran masyarakat untuk ber-KB dinilai masih sangat rendah, terutama pasca bersalin atau melahirkan. Melihat persoalan tersebut Rudi Artanto meminta kepada para Bidan untuk rajin memberikan penyuluhan kepada ibu yang akan bersalin baik itu di Puskesmas maupun di Polindes.

“Begitu melahirkan di Puskesmas atau di Polindes itu harus diberikan penyuluhan, supaya sebelum dia pulang bisa dipasangkan atau menggunakan KB apapun bentuknya,” terang ia.

Untuk menyukseskan program pelayanan KB serentak sejuta akseptor dari BKKBN itu, Rudi Artanto meminta kepada ibu-ibu yang hadir untuk menginformasikan kembali program pelayanan KB gratis yang dilaksanakan oleh pemerintah saat ini.

“Ibu-ibu yang masih belum ber-KB mohon diinformasikan kepada semua masyarakat kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris  TP PKK Desa Rempek, Ibu Patma menyambut baik program yang dilakukan oleh pemerintah tersebut. Seperti yang ia sebutkan, bahwa program KB merupakan salah satu program wajib PKK saat ini. Ia pun berharap layanan KB gratis semacam ini bisa dilaksanakan kembali di lain waktu dengan menggandeng TP PKK Lombok Utara sebagai mitra kerja pemerintah daerah.

“Kita sudah membuat suatu komitmen untuk bisa saling bersinergi dengan program-program yang ada di masing-masing dinas, yang bisa kita lakukan, yang bisa kita masukkan di dalam sepuluh program pokok PKK,” tuturnya.

Memperingati hari ulang tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ke-70 dan HKG PKK ke-49 saat ini, Patma  menyampaikan selamat kepada para Bidan  untuk tetap bisa terus bekerja membantu masyarakat, seraya berharap agar IBI tetap kompak dan mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik kepada masyarakat.

“Kami siap untuk digandeng, kami dari PKK siap tempur apapun programnya kami dilibatkan,” seru Sekertaris TP PKK Desa Rempek  kepada IBI Lombok Utara

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.