DAMPAK KEMARAU PANJANG, PETERNAK SULIT MENCARI PAKAN

Gangga:-– Petani ternak kesulitan dapatkan pakan saat kemarau panjang. Pengamatan wartawan lombokhijaunews.com Selasa 7/7-2021, pagi sekitar pukul 08.00 Wib, terlihat kerumunan ditengah sawah untuk mendapatkan jerami sebagai pakan ternak mereka. Petani ternak saat ini memang kesulitan mendapatkan rumput lantaran musim kemarau panjang. Tidak jarang mereka juga terkadang mencari pakan daun ketela, daun nangka dan lainnya,  sebagai alternatif untuk menanggulangi kebutuhan ternak mereka. Saat sebagian persawahan di wilayah Kecamatan Tanjung mulai panen padi, mereka berdatangan sejak pukul 05 usai Sholat Subuh hingga siang hari. Petani ternak tak tanggung tangung  ikut membantu panen hanya sebatas mendapatkan limbah jerami untuk makanan ternaknya.
Dampak musim kemarau menyebabkan peternak kesulitan memperoleh pakan ternak yang memadai. Tidak jarang pula mereka yang tidak kebagian limbah jerami hafus rela mencari alternatif, meski harus menempuh jarak puluhan kilometer dengan mengendarai sepeda motor. Kadang bersama isrtri mereka harus menanggalkan tugas lain demi mendapaykan pakan ternak.
Sejak beberapa bulan terakhir, rumput di ladang-ladang tempat penggembalaan hewan mulai langka akibat kemarau. Bahkan, kelangkaan rumput pun mulai merata ke sejumlah wilayah.

Kondisi tersebut, diketahui mayoritas terjadi di kawasan dataran rendah di wilayah Kabupaten Lombok Utara.
Sebagian lagi, petani masih bisa mencari pakan alternatif alami, misalnya dengan dedaunan dari semak belukar di kebun penduduk dan seputar perbukitan “Tapi, setelah kemarau berbulan-bulan, semak belukar mengering. Makanya, pakan ternak masih kurang tercukupi,”
Para peternak akhirnya ada yang berombongan menyewa mobil bak untuk berangkat mencari rumput ke tempat yang jauh, selain dengan kendaraan sepeda motor yang kapasitasnya terbatas.
Dapat dilihat pada gambar atau Fhoto ditengah sawah mereka bergerombol tanpa pedulikan standar Covid yang saat ini menjadi ancaman kita semua.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.